Now Reading:

Bagian 4 – CRUD Android dengan MySQL

Bagian 4 – CRUD Android dengan MySQL

Tutorial ini telah diperbaruhi pada tanggal 6 juni 2017 dengan memperbaiki sintaks error yang terdapat di aplikasi.

Pada tutorial kali ini kita akan membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) Android menggunakan database MySQL. Ini merupakan hal dasar yang sangat penting dari aplikasi yang memiliki komunikasi dengan database.

Untuk tutorial kali ini kamu yang ingin membuat aplikasi CRUD Android menggunakan Database MySQL setidaknya harus memiliki sedikit pemahaman pemrograman PHP dan memahami konsep dari database, terutamanya MySQL. Bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk memahami konsep komunikasi data antara aplikasi dengan database ini, terutama database MySQL dimana database itu sendiri terletak di Server bukan di perangkat Android itu sendiri.

Agar memudahkan kalian dalam memahami pembuatan aplikasi ini kita akan membuatnya dengan sangat sederhana tanpa harus merubah atau membuat tampilan yang begitu rumit. Kita akan membuat dengan tampilan sederhana agar kalian terfokus pada inti dari aplikasi ini. Setelah kalian memahami konsep dasar atau cara kerja dari aplikasi ini maka kita akan mencoba merubah tampilannya sedikit lebih menarik dengan menambahkan efek Floating Action Bar atau yang lainnya. Tetapi pada tutorial kali ini kita hanya terfokus pada hal intinya tanpa mempedulikan tampilan (untuk saat ini). Agar tidak lebih menambah kalian bingung dengan penjelasan lainnya, mari kita langsung saja bahas bagaimana konsep pembuat dari aplikasi ini.

Untuk pembuatan aplikasi CRUD ini kita akan membagi pekerjaan menjadi 3 bagian, antara lain yaitu:

  1. Pembuatan database pada MySQL.
  2. Pembuatan File PHP.
  3. Pembuatan Project Android.

Hal tersebut kita lakukan agar memudahkan alur berpikir serta tidak membingungkan karena telah kita atur alur pengerjaannya. Sebelum kita mulai mengerjakan projectnya kita perlu menentukan tema aplikasi yang akan kita bangun.

Disini kita akan membuat aplikasi dengan kasus data pegawai, oleh sebab itu mari kita langsung bahas pekerjaan tersebut satu per satu.

1.  Pembuatan Database MySQL

Pada tahap ini kalian sangat perlu memperhatikan penamaan dari database, table, dan field yang kalian bangun. Sebelumnya jika kalian belum memahami konsep MySQL alangkah lebih baiknya jika mempelajarinya terlebih dahulu. Tidak harus memiliki kemampuan yang expert dalam hal MySQL, kalian hanya perlu memahami bagaiman cara membuat database, table, dan fieldnya. Serta sedikit memahami perintah SQL.

Jika kalian telah memahami bagaimana membuat database di MySQL silahkan membuat database dengan nama db_android dengan nama table tb_pegawai dan struktur tablenya sendiri seperti berikut:

Setelah kalian membangun databasenya mari kita lanjut kepekerjaan kedua yaitu pembuatan File PHP nya.

 

2.  Pembuatan File PHP

Pembuatan file PHP disini digunakan sebagai web service untuk parsing data aplikasi Android. Pada tahap pembuatan File PHP ini, ada beberapa File yang harus kita buat, berikut ini file php yang perlu kalian buat:

Pertama kita perlu untuk membuat koneksi dengan database, oleh sebab itu kita buat file php dengan nama koneksi.php dan tulis programnya seperti di bawah ini:

 

Setelah kita membuat koneksi dengan database. Selanjutnya kita buat file untuk memasukkan data atau Maka mari kita buat file php dengan nama tambahPgw.php kemudian Copy Script di bawah ini:

 

Setelah kita membuat File untuk memasukkan data atau Create. Maka selanjutnya kita perlu File PHP untuk dapat menampilkan daftar data pegawai yang ada di database (READ), oleh sebab itu mari kita buat file php dengan nama tampilSemuaPgw.php dan Copy Script di bawah ini:

 

Selain kita butuh untuk menampilkan semua data pegawai kita juga perlu untuk menampilkan detail pegawai yang kita pilih atau kita select (READ). Oleh sebab itu mari kita buat file php dengan nama tampilPgw.php dan Copy Script di bawah ini:

 

 

Sampai tahap ini kita telah membuat file PHP untuk Create, Reade. Selanjutnya mari kita buat file php untuk Update. Dalam kasus ini untuk Update data pegawai, maka mari kita buat file php dengan nama updatePgw.php dan Copy Script di bawah ini:

Yang terakhir mari kita buat file PHP untuk Delete. Dalam kasus ini kita akan membuat file php untuk delete data pegawai, silahkan buat file php dengan nama hapusPgw.php dan Copy Script di bawah ini:

 

Kita telah membuat File PHP untuk masing-masing proses Create, Read, Update, Delete. Maka pekerjaan kita untuk membuat file php telah selesai. File PHP yang telah kita buat tersebut simpan dalam satu folder bernama pegawai. Karena disini penulis menggunakan XAMPP maka directory untuk penyimpanan file php tersebut terdapat di HTDOC, adapun directory penyimpanannya seperti berikut: (C:\xampp\htdocs\Android\pegawai).

Untuk mengakses di Android sendiri kita perlu mengetahui IP dari Komputer kita, agar kita bisa mengetahui berapa IP komputer kita mungkin kita bisa gunakan perintah di CMD dengan perint ipconfig maka akan tampil berapa IP kita seperti contoh berikut ini:

Pada contoh di atas IP yang tertera adalah 192.168.1.9 maka path untuk script kita nanti di Android Studio adalah

http://192.168.1.9/Android/pegawai/nama_file.php

Bagaimana? Apakah sudah pusing? Hehehehe…. Untuk saran, kalian ikuti saja terlebih dahulu sesuai dengan yang ada. Kalian ikuti dari mulai nama database, table, field, dan juga nama file-file serta nama variable nya. Setelah itu tinggal kalian jalankan programnya dan lihat serta pahami apa yang terjadi, ketika kalian mulai paham maka kalian coba untuk edit-edit sedikit.

Agar tidak lama-lama membaca prolog mari kita langsung ke langkah selanjutnya yaitu membuat Project Android Studio.

 

3.  Pembuatan Project Pada Android Studio

Pada pekerjaan ini merupakan pekerjaan intinya, karena memang kita membuat aplikasi Android ya. Silahkan kalian buat Project baru pada Android Studio, dicontoh ini menggunakan nama MyCRUD pada project yang dibuat.

Jika project baru telah terbuka maka langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu silahkan buka File Manifest dan tambah kan perintah berikut:

Perintah di atas digunakan untuk ijin internet meskipun project yang akan kita buat nanti adalah bersifat Local tetap perlu untuk menambahkan perintah tersebut. Untuk peletakan script di atas kalian letakkan seperti gambar berikut berikut:





Silahkan klik Next Step di bawah ini untuk melanjutkan belajar.

Konten developer untuk Mobile Development yang sangat mencintai mobile programming

Share This Articles