Now Reading:

Cara Fetching Data API di ReactJS

Cara Fetching Data API di ReactJS

Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya. Jika belum mengikutinya saya sarankan kamu untuk membaca dan mengikutinya terlebih dahulu: Membuat Single Page Application (SPA) Dengan ReactJS.

Requirement

  1. Sudah menginstall GIT, jika belum kamu dapat mengikuti tutorialnya pada link berikut ini: Cara Mudah Belajar GIT & GitHub di Windows Secara Step By Step.
  2. Telah mengetahui dasar-dasar HTML, jika belum kamu dapat mengikuti tutorialnya pada link berikut: Bagian 1 HMTL – Tahap Awal Untuk Menjadi Web Developer.
  3. Telah mengetahui dasar-dasar CSS, jika belum kamu dapat mengikuti tutorialnya pada link berikut: Bagian 2 CSS – Permulaan Untuk Menjadi Front End Developer.
  4. Sudah menginstall nodejs, jika belum kamu dapat mengikuti tutorialnya pada link berikut: Persiapan Awal Belajar NodeJS Beserta Panduan Installasinya.
  5. Telah mengetahui dasar-dasar dari reactJS, jika belum kamu dapat mempelajarinya pada link berikut: Apa itu ReactJS dan Bagaimana Cara Menggunakannya? dan Membuat Single Page Application (SPA) Dengan ReactJS.
  6. Menggunakan OS Windows, Linux atau macOS

 

Sebelum masuk ke bagian inti dari tutorial ini ada beberapa bagian yang perlu kita bahas terlebih dahulu.

API

API (Application Programming Interface) pada dasarnya adalah sekumpulan data yang menggunakan format JSON. Di dalam file JSON kita dapat melihat field dan value secara spesifik dan dapat mengambil keseluruhan ataupun beberapa data yang kita perlukan saja. Pada tutorial ini kita akan belajar membuat project untuk menampilkan informasi data user di beberapa negara yang datanya di ambil dari API random user generator.

Cara fetching data api di reactjsHasil akhir dari tutorial ini

 

Pada API tersebut kita bisa mengambil data secara spesifik, misalnya mengambil data list nama, photo, serta asal negara dari API random user.

API Random User



Baiklah selanjutnya mari kita  buat projectnya terlebih dahulu.

Silahkan klik tombol Next Step di bawah ini untuk melanjutkan belajar.

Content Developer of Web Development

Share This Articles