Now Reading:

Install Android Studio dan Package SDK – Android

Install Android Studio dan Package SDK – Android

Pada tutorial sebelumnya kita telah selesai menginstall JDK dan mengatur PATH JDK maka selanjutnya kita siap untuk memasang IDE Android Studio.

Apa itu Android Studio?

Android Studio merupakan IDE resmi untuk Android Development yang telah diperkenalkan Google pada tahun 2013. Android Studio sendiri merupakan pengembangan dari Eclipse IDE yang sebelumnya digunakan untuk Android Development dan Android Studio dibuat berdasarkan IDE Java populer yaitu Intellij IDE.

Mengapa Kita menggunakan Android Studio?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Android Studio ini merupakan IDE resmi untuk Android Development tetapi bukan berarti menggunakan cara lain tidak diperolehkan. Ada beberapa jalan selain menggunakan IDE Android Studio, antara lain :

1.  Xamarin

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Bagi kalian yang kurang familiar dengan bahasa pemrograman Java dan terbiasa dengan Bahasa C# maka kalian bisa menggunakan software Xamarin yang saat ini telah dibawah naungan dari Visual Studio dari Microsoft.

2.  IONIC

ionic-logo-horizontal-transparent

Nah, sedangkan bagi kalian yang merupakan Web Developer tidak perlu berkecil hati jika ingin beralih menjadi Mobile Developer dan juga tidak perlu susah-susah mempelajari bahasa Java meskipun itu penting jika memang benar-benar ingin terjun menjadi Android Developer. Mengapa seperti itu? Karena saat ini telah ada ionic, yaitu platform yang mentargetkan programmer web agar bisa membuat aplikasi mobile dengan teknologi web. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada link berikut ini.

Selain dua hal yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa jalan lainnya yang bisa kalian pilih jika ingin menjadi Android Developer tetapi tidak mau menggunakan IDE Android Studio, yaitu B4A (Basic For Android). Tetapi untuk sekedar saran jika kalian memang benar-benar ingin menjadi Android Developer maka gunakanlah IDE resminya yaitu Android Studio 😀

Bagaimana Cara Instal Android Studio?

Untuk dapat memasang IDE Android Studio tentunya terlebih dahulu harus memiliki Aplikasi Android Studio itu sendiri, berikut ini Link Download Aplikasi Android Studio Versi 2.2.

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Android Studio 2

Setelah kalian selesai mengunduh IDE Android Studio, selanjutnya kita mulai memasang atau instalasi IDE tersebut, berikut ini langkah-langkahnya.

Buka IDE Android Studio yang telah download dengan cara klik 2 kali (double click) dan tunggu hingga verifikasi selesai.

installing

Setelah jendela Android Studio Setup terbuka, selanjutnya klik Next.

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Setelah itu akan muncul jendela baru dengan opsi komponen yang akan diinstal. Jika kalian memiliki komponen yang ada pada opsi yang tertera maka tidak perlu di checklist. Tapi jika baru pertama memasang IDE Android Studio kami sarankan lebih baik diceklis semua, setelah itu klik Next.

Android Studio

Pada tahapan selanjutnya akan muncul jendela License Agreement, klik I Agree.

as6

Setelah itu akan muncul jendela baru pemilihan untuk lokasi penyimpanan file dari software, saran kami tidak perlu merubah apapun dan langsung klik secara Default dan akan tersimpan di Direktori C:\Program Files\Android\Android Studio. Untuk SDK nya akan diinstal di direktori C:\Android\sdk.

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Selanjutnya klik saja Install.

Android Studio

Setelah kalian klik Install maka proses instalasi dimulai, tunggu hingga proses selesai.

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Setelah proses instalasi selesai (Completed) selanjutnya klik Next.

Android Studio

Maka akan muncul Jendela dengan keterangan Completing Android Studio Setup. Biarkan pilihan Start Android Studio tetap dalam kondisi default atau terceklis dan klik Finish.

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Setelah itu akan muncul jendela baru dengan 2 opsi pilihan. Checklist opsi kedua jika kalian belum pernah menginstal IDE Android Studio dan klik OK.

Opsi

Maka selanjutnya kalian akan disambut oleh Android Studio dengan munculnya jendela WELCOME dan klik Next.

Welcome

Selanjutnya pilih Standard dan klik Next.

Android Studio

Setelah itu akan muncul jendela SDK Component Setup. Pilih component yang ingin anda Install / Update klik saja Next.

Android Studio

Setelah itu klik Finish.

Android Studio

Maka akan tampil jendela Downloading Component, tunggu hingga proses download Selesai.

Android Studio

Setelah proses download selesai maka proses instalasi Android Studio telah selesai. Klik Finish.

Android Studio

Setelah itu maka kita akan disambut dengan jendela baru Welcome to Android Studio.

Welcome Android Studio

Setelah sampai sini maka proses instalasi Android Studio telah selesai. Tetapi masih ada beberapa hal yang peru diinstal kembali, yaitu Tools SDK Android Studio dan Package Android Studio.


Langkah-langkah untuk instalasi Tools SDK Android dan Package Android Studio adalah sebagai berikut.

Silahkan klik Next Step di bawah ini untuk melanjutkan belajar.

Konten developer untuk Mobile Development yang sangat mencintai mobile programming

Share This Articles