Belajar Koding Indonesia

Install IDE Android Studio dan Package SDK

Install IDE Android Studio dan Package SDK –  Setelah ditutorial sebelumnya kita telah selesai install JDK dan mengatur PATH JDK maka selanjutnya kita siap untuk memasang IDE Android Studio.

  • Apa itu Android Studio?

Android Studio merupakan IDE resmi untuk Android Development yang telah diperkenalkan Google pada tahun 2013. Android Studio sendiri merupakan pengembangan dari Eclipse IDE yang sebelumnya digunakan untuk Android Development, dan Android Studio dibuat berdasarkan IDE Java Populer yaitu Intellij IDE.

  • Mengapa Kita menggunakan Android Studio?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Android Studio ini merupakan IDE resmi untuk Android Development, tetapi bukan berarti menggunakan cara lain tidak diperolehkan. Ada beberapa jalan selain menggunakan IDE Android Studio, antara lain :

1.  Xamarin

Install IDE Android Studio dan Package SDK Belajar Koding Indonesia

Bagi kalian yang kurang Familiar dengan Bahasa pemrograman Java dan terbiasa dengan Bahasa C# maka kalian bisa menggunakan Software Xamarin yang saat ini telah dibawah naungan dari Visual Studio dari Microsoft.

2.  IONIC

ionic-logo-horizontal-transparent Belajar Koding Indonesia

Nah, sedangkan bagi kalian yang merupakan Web Developer tidak perlu berkecil hati jika ingin beralih menjadi Mobile Developer dan juga tidak perlu susah-susah mempelajari Bahasa Java meskipun itu penting jika memang benar-benar ingin terjun menjadi Android Developer, mengapa seperti itu? Karena saat ini telah ada Ionic, yaitu platform yang mentargetkan Programmer Web agar bisa membuat aplikasi Mobile dengan teknologi Web. Lebih lengkapnya bisa lihat di link berikut ini.

Selain dua hal yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa jalan lainnya yang bisa kalian pilih jika ingin menjadi Android Developer tetapi tidak mau menggunakan IDE Android Studio, contoh satu lagi B4A (Basic For Android). Tetapi untuk sekedar saran, jika kalian memang benar-benar ingin menjadi Android Developer maka gunakanlah IDE resminya yaitu Android Studio, hehehehehe…..

Selanjutnya bagian >> 2. Install Android Studio