react js

React JS dan Installasi


Halo kodinger, kali ini kita akan belajar sebuah framework open-source dibagian frontend yang sedang populer, yaitu React JS.

Apa itu React JS?

React Js adalah sebuah library JavaScript yang di buat oleh facebook. React bukanlah sebuah framework MVC. React adalah library yang bersifat composable user interface, yang artinya kita dapat membuat berbagai UI yang bisa kita bagi menjadi beberapa komponen.

Kenapa harus React?

1. Cepat dan Efisien
Karena berbasis komponen maka react hanya perlu me-render  resource yang berhubungan dengan data yang berganti, tidak perlu me-render seluruh resource .

2. Reusable (dapat digunakan berulangkali)
Komponen yang telah kita buat dapat kita gunakan berkali-kali pada saat dibutuhkan. Ini sangat berguna bagi kita untuk mempersingkat waktu dan mengurangi resource yang ada.

3. Library JavaScript
JSX (JavaScript Extension) singkatnya kita dapat menyematkan syntax HTML kedalam Javascript. Ini sangat membantu kita dalam proses development, apalagi dengan adanya  fungsi dari ES6 (Ecma Script).

4. Immutable State
Kita dapat memanajemen state yang ada dengan menggunakan Redux. Kita dapat mengatasi permasalahan mutable state dengan RamdaJs. Untuk state yang berinteraksi dengan API kita dapat menggunakan Redux-Saga.

KESIMPULAN

Mungkin beberapa pembaca masih perlu penjelasan tambahan apa itu React, JSX, Redux, Redux-Saga. Nanti akan dijelaskan ditutorial selanjutnya saat kita membuat project Apps React.

Intinya:
React memberikan segala kemudahan yang dibutuhkan programmer dalam mendevelop sebuah aplikasi yang ringan,cepat dan mudah digunakan. Selain itu ada juga React Native sebuah framework yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi Android dan IOS sekaligus dengan menggunakan bahasa JavaScript.

PERSIAPAN

Setelah mengetahui apa itu React dan Kelebihannya kita akan melanjutkannya ke tahap installasi React. Kita membutuhkan Windows shell untuk mempermudah kita dalam mendevelop aplikasi kedepannya. Windows shell  tersebut adalah Babun. Kita juga membutuhkan NodeJS sebagai server kita nantinya. Silahkan klik next step di bawah ini untuk masuk ke tutorial.

Konten Developer untuk Front End Development yang mempunyai hobby travelling

Tutorial Terkait