Now Reading:

Snackbar dan Floating Action Button (FAB)

Snackbar dan Floating Action Button (FAB)

Pada tutorial ini kita akan membahas tentang Snackbar dan juga Floating Action Button (FAB) Android. Sebelum kita pelajari ke-2 hal tersebut, mari kita ketahui dahulu pengertiannya.

Snackbar

Jika mengutip pada website resmi Developer Android maka penjelasannya adalah sebagai berikut

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa snackbar merupakan pengganti dari Toast yang berfungsi untuk menampilkan pesan text pada bagian bawah dari layar Android dan juga telah dipercantik dengan Material Design. Snackbar sendiri hanya muncul beberapa waktu seperti Toast, dan akan hilang setelah waktu tertentu atau juga hilang ketika kita melakukan aksi lainnya pada layar android. Pada tutorial kali ini kita akan memanggil Snackbar saat menekan Floating Action Button.

 

Floating Action Button

Jika kita mengutip kembali penjelasan dari website resmi Developer Android maka penjelasan dari Floating Action Button adalah sebagai berikut.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa FAB merupakan salah satu widget button dari UI (User Interface) yang berbentuk bulat serta terlihat mengapung atau melayang pada bagian kanan bawah dari layar Android. Jika diperhatikan fitur ini sedikit trend atau menonjol pada aplikasi Path ataupun BBM.

Setelah mengetahui fungsi dan pengertian dari Snackbar dan FAB, maka mari kita membuat projectnya.

 

Membuat Project

Pertama silahkan buka Android Studio
Setelah itu pilih Start New Android Studio Project

Selanjutnya pada halaman New Project, silahkan ketik nama project, Package, dan menentukan lokasi project tersebut di simpan. Sebagai contoh dapat memperhatikan gambar di bawah. Setelah itu klik Next

 

 

Selanjutnya pada aplikasi yang akan di buat, silahkan tentukan target untuk Android Device.

Pada bagian halaman pemilihan Activity silahkan pilih Basic Activity setelah itu klik Next

 

 

Pada halaman selanjutnya (Customize the Activity) langsung saja klik Finish ya, tanpa merubah hal apapun.

Setelah itu tinggal menunggu proses Building project selesai.

Catatan Penting:
Pada tutorial ini kita tidak banyak melakukan perubahan. Tapi perlu dipahami bahwa ketika membuat project sebelumnya kita telah memilih opsi Basic Activity bukan Empty Activity. Sehingga Snackbar dan FloatingActionButton secara default telah ada didalamnya.



Silahkan klik Next Step di bawah ini untuk melanjutkan belajar.

Konten developer untuk Mobile Development yang sangat mencintai mobile programming

Share This Articles