Now Reading:

Tutorial Ruby on Rails di Windows

Tutorial Ruby on Rails di Windows

Berkenalan dengan Ruby on Rails

Apa sih Ruby on Rails itu? Biar gampang biasanya disebut dengan Rails saja. Rails merupakan framework yang dipakai untuk membuat suatu aplikasi web yang dibuat dengan bahasa pemrograman Ruby. Sudah banyak contoh-contoh website beken yang memakai Rails ini, diantaranya ada Twitter, Github, Shopify, BukaLapak, dan masih banyak lagi.

Framework Rails ini menggunakan konsep MVC (singkatan dari Model, View, Controller) yang cara kerjanya ialah memisahkan data (model) dari segi tampilan (view) dan memproses datanya (controller). Jadi, Rails ini sangat mudah dipahami karena konsep MVC-nya yang notabene sudah digunakan oleh banyak web framework beken yang lainnya, seperti CodeIgniter dan Laravel.

Tapi ngomong-ngomong, selain menggunakan konsep MVC, kenapa sih kok Rails ini bisa memiliki banyak pengguna? Berikut ini adalah kelebihan dari Rails yang membuat dia digunakan oleh banyak programmer di seluruh dunia.

Kelebihan Rails

1. Dirancang Untuk Kemudahan
Rails memang dirancang dan dibuat untuk memudahkan programmer untuk membuat suatu aplikasi web. Rails menggunakan prinsip “Convention Over Configuration”. Dengan menganut prinsip ini, programmer (pengguna Rails) tidak akan direpotkan untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan, seperti koneksi database.

Karena pada Rails sudah tersedia alur programnya. Pengguna hanya mengisikan value-value yang dibutuhkan, seperti host, nama dan username database beserta passwordnya dan memilih tipe database, apakah memakai MySQL, Oracle, SQL Server, atau yang lainnya.

2. Efisien
Selain prinsip Convention Over… diatas, Rails juga menganut prinsip DRY (Don’t Repeat Yourself). Inti dan tujuan dari prinsip DRY ini yaitu efisiensi dalam menuliskan script.

3. ORM Library
Framework Rails sudah terintegrasi dengan ORM Library yang namanya ActiveRecord. Dengan begitu, penulisan query ke database menjadi lebih singkat.

4. Perfect Syntax
Perintah yang dipakai pada Rails ini memiliki karakteristik yang simpel tapi elegan dan enak dilihat. Pokoknya perfect lah, keren untuk dilihat orang lain.

5. Komunitas yang Besar
Rails memiliki pengguna yang sangat banyak, pengguna-penggunanya itu lalu membuat komunitas sebagai sesama pengguna Rails. Komunitas pengguna Rails yang besar sangat mudah ditemukan di Google. Selain komunitas ada juga software engineer BukaLapak yang membuat Coding Bootcamp online (IDRails) yang khusus membahas rails yaitu mas Agung Setiawan. Jadi jika kamu belajar rails tidak ada salahnya bila dimulai dari sekarang.



Nah, biasanya kalau sudah mengetahui kelebihan-kelebihannya, pasti ada rasa ingin untuk mencobanya. Begitu pun pada Rails ini. Sebelum memakai Rails untuk membangun sebuah website, kita perlu menginstall-nya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan tonton videonya dan ikuti step by step tutorialnya.

Jika tutorial ini dirasa bermanfaat mohon di share ya dan tungguin juga video selanjutnya 😀

 

Konten developer kodingindonesia.com & staf pengajar tetap di Universitas Mulawarman Samarinda

Share This Articles