Cara Install Flutter Tanpa Android Studio | Koding Indonesia

Cara Install Flutter Tanpa Android Studio

Hallo sahabat Koding Indonesia…
Kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman mengenai instalasi flutter dan tentunya menggunakan cara yang berbeda dari kebanyakan orang lakukan. Namun sebelumnya mungkin teman-teman perlu tahu dulu apa itu Flutter.

Flutter adalah perangkat UI Google yang digunakan untuk membuat aplikasi yang dikompilasi secara native untuk mobile, web dan desktop dari satu basis kode. (flutter.dev)

Secara umum, Langkah-langkah installasi Flutter dan penggunaan Flutter pertama kali adalah sebagai berikut :

  1. Download SDK Flutter
  2. Install Android Studio
  3. Download Plugin Dart & Flutter untuk VSCode atau Android Studio
  4. Membuat Project dan Menjalankan Hello World
  5. Lebih lengkapnya ada di sini

Namun akan ada permasalahan yang akan muncul yaitu :

  • Storage device yang terbatas
  • Spesifikasi device kurang mumpuni untuk menjalankan IDE Android Studio

Maka saya dengan percaya diri 🤣 menawarkan langkah-langkah berikut untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan tersebut.

  1. Download SDK Flutter di sini dan install Git di sini, jangan lupa pilih sesuai dengan system operasi yang digunakan.
  2. Download Command Line Tools Only di sini, pilih sesuai system operasi yang digunakan.
  3. Selanjutkan download OpenJDK yang berupa INSTALLER di sini dan seperti biasa, sesuaikan sistem operasi yang digunakan.
  4. Kemudian buatlah folder bernama Android pada partisi C ➡ lalu letakkan Flutter SDK yang telah diekstrak ke dalam folder Android ➡ buat folder sdk di dalam folder Android ➡  buat folder cmdline-tools di folder sdk ➡ letakkan Command Line Tools yang telah diekstrak ke dalam folder cmdline-tools ➡ kemudian ubah nama Command Line Tools yang telah diekstrak menjadi latest. Berikut adalah tampilan struktur direktorinya. Detailnya dapat dilihat di sini.
  5. Selanjutnya install OpenJDK dan jalan lupa untuk mengaktifkan subfeatures Set JAVA_HOME variable pada saat proses penginstalan seperti berikut.
  6.  Set Environment Variable dan Path (Pengguna windows silahkan buka Administrator : Command Prompt, untuk OS lain silahkan menyesuaikan). Detailnya dapat dilihat di sini dan scriptnya sebagai berikut :
    Jangan lupa setelah itu restart laptop atau komputer yang teman-teman miliki.
  7. Set sdkmanager dan sesuaikan dengan tipe Platform Android yang digunakan *Saran saya install dari Platform 27 sampai Platform Android terbaru (Pengguna windows silahkan buka Administrator : Command Prompt, untuk OS lain silahkan menyesuaikan). Detailnya dapat dilihat di sini dan scriptnya sebagai berikut :
  8. Masih di cmd, ketik perintah script seperti di bawah ini dan ketik Y untuk menyetujui lisensinya. Detailnya dapat dilihat di sini dan scriptnya sebagai berikut :

  9. Selanjutnya install Visual Studio Code (Download di sini) dan setelah di install jangan lupa install ektension Flutter juga ekstension Dart pada Visual Studio Code tersebut. Detailnya dapat dilihat di sini.
  10. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, silahkan buka Administration : Command Prompt ikuti script di bawah ini dan detailnya dapat dilihat di sini.

  11. (UPDATE 04/03/2021) Lalu kita memerlukan AVD (Android Virtual Device), agar kita dapat menvisualisasikan koding flutter yang sudah kita buat secara virtual tanpa perlu menggunakan smartphone yang kita miliki. Silahkan buka Administration : Command Prompt ikuti script di bawah ini dan detailnya dapat dilihat di sini.
  12. Step paling akhir yaitu membuat project di VSCode (mencoba file Demo Flutter) buka VSCode tekan F1 dan ketik Flutter: New Project ➡ setelah project selesai di load tekan F5  / ketik flutter run untuk mendeploy ke AVD atau Android Device yang teman-teman miliki, detailnya dapat dilihat di sini.Video tutorialnya sebagai berikut:

Jika ada pertanyaan silahkan komen dan jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa like dan sharenya ya teman-teman. 😀😀😀😀😀😀😀
Terima Kasih, Assalamu’alaykum… Salam KODINGINDONESIA

Referensi : https://codelabs.developers.google.com/

Author avatar
Anton Prafanto
Konten developer kodingindonesia.com & staf pengajar tetap di Universitas Mulawarman Samarinda