Now Reading:

Aplikasi Pertamaku “Halo Semuaaa…”

Aplikasi Pertamaku “Halo Semuaaa…”

Jangan lupa baca artikel sebelumnya ya teman-temanCara Install Flutter Tanpa Android Studio
Jika sudah yuk lanjut baca artikel ini…

Apa itu Flutter ?

Flutter merupakan sebuah SDK atau Software Development Kit yang dibuat oleh google untuk mengembangkan aplikasi dengan desain yang menarik untuk mobile, webdan desktop.

SDK sendiri perlu teman-teman ketahui merupakan kumpulan, fungsi-fungsi, kelas-kelas atau berbagai macam tools yang dibutuhkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi.

Flutter Benefits

  • Fast Development

Developer aplikasi sudah disediakan widget-widget yang diperlukan untuk membuat sebuah aplikasi. Pada flutter juga terdapat fitur hot reload, sehingga pengembang tidak perlu mengulang compiling ketika ada perubahan pada program.

  • Expressive and Flexible UI

Developer dapat membangun sebuah aplikasi dengan UI (User Interface) yang flexible dan ekspresif. Flutter juga memiliki kelas-kelas yang mendukung Material Design dan Cupertino design yang digunakan pada platform iOS.

  • Native Performance

Aplikasi yang dikembangkan dengan flutter memiliki performa sesuai dengan platformnya masing-masing, karena flutter sudah menggabungkan perbedaan-perbedaan antar platform Android dan iOS seperti scrolling, navigasi, icons dan fonts sehingga performa aplikasinya seperti dibuat dengan full native dan menyesuaikan dengan platform yang digunakan.

Material Design

Material Design merupakan bahasa visual yang menggabungkan prinsip klasik dari sebuah desain yang baik dengan inovasi teknologi dan science yang sudah ada pada saat ini. Material design sendiri merupakan metafora yang terinspirasi dari dunia nyata, memiliki tekstur pencahayaan dan juga memiliki bayangan. Lebih detailnya teman-teman dapat lihat disini material.io.

Widget

Sebelumnya ada beberapa kali saya mantion kata widget, jadi widget pada flutter sendiri dapat kita anggap sebagai sebuah benda di dunia nyata. Di dunia nyata setiap benda dapat dikatakan merupakan gabungan dari benda-benda lainnya, contoh teh.

Ketika saya memiliki secangkir teh, maka pasti teh tersebut dibuat menggunakan air (benda), lalu daun teh(benda), dan diletakan di gelas (benda). Maka ketika semuanya dikombinasikan, terciptalah secangkir teh. Jika widget pada flutter penjelasannya seperti ini.

Setiap widget pasti terdiri dari gabungan widget-widget lainnya, contoh ada sebuah aplikasi yang terdapat tulisan Hello World dengan judul Welcome to Flutter. Untuk membuat aplikasi ini saya menggunakan 2 widget, yang pertama widget appbar widget untuk menampilkan Welcome to Flutter sebagai judul aplikasi, dan yang kedua text widget untuk menampilkan hello world. Sebenarnya Appbar sendiri terdiri dari beberapa widget salah satunya text widget.