Membuat UI yang cantik dengan Flutter | Koding Indonesia

Membuat UI yang cantik dengan Flutter

1. Introduction

Flutter merupakan sebuah SDK atau Software Development Kit yang dibuat oleh google untuk mengembangkan aplikasi dengan desain yang menarik untuk mobile, webdan desktop. Pada artikel ini, kita akan membuat aplikasi chat sederhana untuk Android, iOS, dan web (Optional).
fa
Jika dibandingkan dengan artikel Membuat Aplikasi Sederhana #1 dan Membuat Aplikasi Sederhana #2,  artikel ini akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang flutter. Namun jika teman-teman baru ingin berkenalan dengan flutter, saya sarankan untuk ikuti terlebih dahulu artikel Membuat Aplikasi Sederhana #1 dan Membuat Aplikasi Sederhana #2.

Apa yang akan kita pelajari?

  1. Cara menulis aplikasi flutter yang terlihat natural di iOS, Android, dan web
  2. Menjalankan aplikasi flutter pada emulatorsimulator, dan pada sebuah device
  3. Cara membuat aplikasi Flutter dari bawah ke atas di editor Visual Studio Code.
  4. Cara menyesuaikan antarmuka pengguna dengan widget dan animasi.
  5. Cara menyesuaikan antarmuka pengguna untuk iOS dan Android.

2. Menyiapkan Lingkungan Pengembangan Flutter

Kita membutuhkan 2 perangkat lunak utama untuk menyelesaikan artikel ini:

  1. Flutter SDK ( download)
  2. Editor (configure), saya menggunakan Visual Studio Code

Saya asumsikan teman-teman saat ini sedang menggunakan Visual Studio Code, namun teman-teman dapat menggunakan editor lain (Android Studio and IntelliJ atau Emacs).

Web support (optional): Ketika menjalankan aplikasi flutter, mungkin teman-teman menjalankan aplikasi tersebut pada mobile device saja. Namun jika teman-teman ingin mengkompilasi aplikasi flutter untuk dijalankan pada web, teman-teman dapat mengaktifkan web support (yang saat ini masih dalam versi beta). Lakukan ini, jalankan pada terminal:

Pada terminal IDE jalankan command flutter devices, dan seharusnya teman-teman melihat Chrome and Web server berada pada list. Pilih Chrome dan secara otomatis chrome akan menjalankan aplikasi yang sudah kita buat. Sedangkan ketika kita pilih Web server, aplikasi akan jalan di browser lain yang ada pada komputer kita. Saat kita ingin menjalankan program flutter yang sudah dibuat, kita dapat menggunakan devices berikut ini (saya menggunakan cara ke-5):

Halaman Berikutnya…

Author avatar
Anton Prafanto
Konten developer kodingindonesia.com & staf pengajar tetap di Universitas Mulawarman Samarinda