Now Reading:

Flutter Mini Project – Membuat Aplikasi Sederhana #1

Flutter Mini Project – Membuat Aplikasi Sederhana #1

1. Introduction

Flutter merupakan sebuah SDK atau Software Development Kit yang dibuat oleh google untuk mengembangkan aplikasi dengan desain yang menarik untuk mobile, webdan desktop.

Pada artikel ini, kita akan membuat aplikasi flutter mobile sederhana. Jika teman-teman familiar dengan pemrograman berbasis objek (OOP) dan konsep basic pemrograman seperti variabel, loops, dan conditional maka seharusnya teman-teman dapat dengan mudah membangun aplikasi sederhana ini. Teman-teman juga tidak membutuhkan pengalaman yang berhubungan dengan pemrograman bahasa Dart, Mobile, ataupun pemrograman web. 

Apa yang akan kita pelajari?

  1. Cara menulis aplikasi flutter yang terlihat natural di iOS, Android, dan web
  2. Struktur dasar aplikasi flutter
  3. Menemukan dan menggunakan packages untuk memperluas fungsionalitas
  4. Menggunakan ⚡ Hot Reload untuk siklus development yang lebih cepat
  5. Bagaimana menerapkan widget stateful
  6. Cara membuat daftar yang infinite dan lazily loaded

Di bagian #2, kita akan menambahkan interaktivitas, mengubah tema aplikasi, dan menambahkan kemampuan untuk dapat melakukan navigasi ke halaman baru (disebut route di flutter).

Apa yang akan kita buat?

Kita akan menerapkan aplikasi sederhana yang menampilkan nama yang diusulkan untuk menjadi perusahaan startup. User dapat memilih dan membatalkan pilihan nama dan menyimpan nama perusahaan yang terbaik. Aplikasi ini akan menghasilkan 10 nama sekaligus dan saat user melakukan scrolls maka akan banyak nama lagi yang akan dihasilkan (tidak ada batasan seberapa banyak user melakukan scrolls). Berikut contoh aplikasi yang akan dibuat: